Menjaga Kebersihan Gigi Dan Mulut Dengan Bersiwak

1

Agama islam adalah agama yang sangat menanamkan dan mengajarkan pada umatnya untuk selalu menjaga kebersihan, bukan hanya menjaga kebersihan alam dan lingkungan sekitarnya dan juga menjaga kebersihan diri sendiri. Dan kepedulian Agama Islam terhadap kebersihan ini tersirat dari sabda Rasulullah SAW : “Kebersihan Adalah Sebagian Dari Pada Iman”, dan rasulullah sendiri juga mengajarkan kepada seluruh umat Islam untuk menjaga kebersihan dirinya, beberapa ajaran kebersihan  yang disampaikan rasulullah yang terkait dengan kebersihan diri sendiri diantaranya tentang cara mandi wajib, tata cara berwudhu, ajaran untuk selalu menjaga kebersihan mulut dan gigi yaitu bersiwak dengan kayu atau dahan pohon araak,  dan berbagai macam ajaran untuk menjaga kebersihan lainnya.

Membahas tentang betapa pentingnya arti menjaga kebersihan mulut bagi umat manusia begitu manfaatnya bagi kesehatan manusia itu sendiri, kadang kita tidak menyadari bahwa banyak penyakit-penyakit yang datang kepada kita disebabkan oleh karena kita malas menjaga kebersihan mulut dan gigi kita. Selain itu ada dampak yang paling dominan terjadi bila kita malas menjaga kebersihan mulut dan gigi kita adalah sariawan, sakit gigi atau gigi berlubang, pembengkakan gusi karena banyaknya bakteri dalam mulut kita.

Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa banyak kandungan kimiawi penting yang sangat bermanfaat untuk mulut dan gigi kita yang terkandung dalam kayu araak atau kita mengenalnya dengan kayu siwak tersebut, salah satunya adalah kayu araak atau kayu siwak tersebut mengandung anti bacterial yang mampu membunuh kuman-kuman jahat dalam mulut dan gigi kita. Selain itu dalam kayu araak mengandung  Klorida, Pottasium, Sodium Bicarbonate, Fluoride, Silika, Sulfur, Vitamin C dan kandungan-kandungan kiamiwi alami  lainnya yang selama ini banyak digunakan orang untuk membuat pasta gigi. Adapun kandungan-kandungan kiamiwi alami tersebut berfungsi untuk membersihkan gigi kita, menjaga kekuatan gigi agar tidak rapuh dan berbagai manfaat lain yang menyehatkan gigi dan gusi kita. Pastinya muncul satu pertanyaan dari kita, manakah yang lebih bagus antara menyikat gigi dengan menggunakan pasta gigi atau menyikat gigi dengan menggunakan kayu siwak?, yang pasti kayu siwak tidak mengandung bahan kimia buatan yang bisa berbahaya bagi kesehatan tubuh kita, dan kayu siwak juga memiliki kandungan minyak alami yang bisa membuat mulut kita wangi setelah menggosok gigi dengan kayu tersebut, berbeda halnya dengan pasta gigi, kita harus pintar-pintar dalam memilih pasta gigi, karena tidak semua pasta gigi aman kita gunakan, selain itu tidak semua pasta gigi menggunakan bahan kimia alami yang justeru bisa saja justeru tidak hanya berbahaya bagi kesehatan gigi dan mulut tapi juga berbahaya bagi kesehatan tubuh. Tidak sedikit dari merk-merk pasta gigi yang justeru mengandung detergen yang berbahaya bagi tubuh. Nah Sahabat umiabi.com demikian sedikit Info tentang cara menjaga kesehatan gigi dan mulut dengan cara Rasulullah SAW. Selamat Mencoba

Share.

About Author

1 Comment

Leave A Reply