13 Khasiat Minyak Zaitun Paling Terbukti Dalam Islam

0

Sebuah hadits menyebutkan: “Makanlah buah zaitun, minyak dari zaitun, dan gunakan menggosok pula minyak zaitun, sesungguhnya ia adalah dari pohon yang diberkahi.” Mengapa demikian?

Asal Muasal Minyak Zaitun

Kita pasti sudah tidak asing dengan yang namanya Minyak Zaitun. Minyak dengan pelbagai manfaat ini sangat lekat kita kenal dan banyak kita jumpai sebagai bahan pembuatan pelbagai jenis produk kecantikan, kesehatan, dan bahan pelengkap industri masakan. Banyak pakar menyebutkan bahwa minyak Zaitun pertama kali ditemukan di Syria pada tahin 6000 masehi, tepatnya di negeri kota kuno Ebla.

Selama zaman pemerintaan kerajaan Ebla, ditemukan catatan resmi yang pertama tentang kepemilikan tanah ladang pohon zaitun oleh raja dan permaisuri. Dalam catatan tersebut juga menyebutkan bahwa sedikitnya 400o botol minyak zaitun yang diproduksi dan disediakan bagi kerabat dan kaki tangan kerajaan, sementara 7000 botol disediakan untuk rakyat. Penduduk Ebla saat itu berjumlah 15.000 orang dan telah menjadikan minyak zaitun sebagai industri utama mereka.

Hingga selepas tahun 6000 sebelum masehi, penanaman zaitun telah menyebar dari Syria ke seluruh wilayah Mediterania. Namun Syria tetap mempertahankan kedudukannya sebagai penghasil minyak zaitun terbesar di dunia. Jika kemudian pada zaman ini kita menjumpai produk-produk minyak zaitun, hal itu tidak lepas dari cara-cara penanaman dan pengolahan minyak dari Syria yang masih dipertahankan dan diadaptasi hingga sekarang.

Jenis Minyak Zaitun

Ada 3 jenis minyak zaitun yang dikenal di masyarakat, yaitu Extra Virgin Olive Oil, yang merupakan minyak zaitun dengan kadar keasidan sekitar 0.5-1 per seratus. Minyak ini berwarna kehijauan dan cocok untuk dijadikan saus salad. Kemudian ada Virgin Olive Oil, yaitu minyak Zaitun dengan kadar keasidan 4 per seratus. Biasanya berwarna hijau kekuningan dan digunakan sebagai campuran masakan dan hidangan tumisan. Yang terakhir adalah Olive Oil, dengan kadar keasidan lebih dari 4 per seratus dan berwarna kekuningan. Minyak inilah yang kita kenal sebagai pengganti minyak goreng dan untuk produksi makanan itali.

Khasiat Minyak Zaitun

Dalam kisah Ratu Cleopatra, Ratu Mesir kuno, minyak zaitun disebut-sebut sebagai rahasia kecantikan dan kulit mulus sang Ratu. Ratu Cleopatra menggunakan minyak zaitun untuk perawatan kesehatan dan kecantikannya. Maka tidak heran jika kemudian minyak zaitun juga digunakan sebagai bahan produk kecantikan. Lalu, apa saja manfaat minyak zaitun?

Minyak Zaitun mengandung senyawa kimia triasilgriserol yang merupakan asalm lemak tak jenuh tunggal dan omega 9 atau asam oleat. Hal ini membuat minyak zaitun sangat istimewa karena berguna untuk kecantikan dan kesehatan. Dalam bidang kencantikan, kegunaan minyak zaitun seperti: Merawat kulit, Mengatasi wajah berminyak, Mengangkat kotoran di wajah, dan Merawat Rambut yang meliputi mengembangkan, memanjangkan, dan mengatasi kerusakan rambut.

Sedangkan dalam segi kesehatan, minyak zaitun berguna untuk:

  1. Mencegah penyakit jantung dan stroke,
  2. Membunuh sel kanker,
  3. Mengurangi dan memulihkan radang sendi,
  4. Menjaga kepadatan tulang sehingga tidak terserang osteoporosis,
  5. Menurunkan kadar glukosa dalam darah,
  6. Mendetoksifikasi molekul yang tidak seimbang dengan kata lain sebagai penangkal radikal bebas,
  7. Memperbaiki kualitas ASI,
  8. Mengurangi terjadinya penyumbatan (Trombosis) juga penebalan (Arteriosklerosis) pembuluh darah,
  9. Mengurangi risiko terserang kanker rahim, colon, kulit dan lambung, Menghindari terserang penyakit tukak lambung pada sistem pencernaan,
  10. Menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL),
  11. Mengurangi efek negatif dari penggunaan obat-obatan penurun tekanan darah,
  12. Mengurangi angka kematian jika rutin konsumsi minyak zaitun,
  13. seta Mengobati penyakit wasir.

Berbagai fungsi yang disebutkan sebelumnya hanyalah beberapa saja. Masih banyak manfaat minyak zaitun yang dapat kita ambil selama penggunaan minyak zaitun secara rutin. Jadi, tunggu apa lagi?

Share.

About Author

Leave A Reply